List of Gothic Metal Bands




Ada berbagai jenis musik yang ada di dunia ini, dan genre musik Heavy Metal adalah salah satu jenis musik yang menarik minat pendengar musik khususnya para remaja.Sub genre dari Heavy Metal yang menggabungkan agresi dari Doom Metal dengan kesedihan yang gelap dari Gothic Rock di sebut Gothic Metal.
Gothic Metal, yang juga dikenal dengan sebutan Goth Metal adalah jenis musik yang pada awalnya berkembang dan terkenal di Eropa pada awal tahun 1990-an tetapi sekarang musik Gothic Metal telah menyebar ke seluruh dunia.
Theatre Of Tragedy band asal Norwegia  yang membangun estetika “Beauty and The Beast” sebuah kekontrasan teknik vokal yang semenjak itu telah banyak di adopsi oleh banyak band Gothic.
Lirik lagu pada genre musik Gothic Metal kebanyakan bernuansa kesedihan,kemuraman,kegelapan, melodramatis dan sangat memilukan dengan inspirasi dari cerita fiksi Gothic dan ada juga yang dari pengalaman pribadi.
Para Pioneer dari Gothic Metal ini (walaupun mereka sendiri tidak mengakui) di antaranya adalah: Paradise Lost, My Dying Bride, dan Anathema, semua berasal dari bagian utara Inggris.
Pioneer lainnya di setengah pertama 1990-an termasuk juga Type O Negative dari Amerika Serikat, Tiamat dari Swedia, dan The Gathering dari Belanda
Pada pertengahan 1990-an, Moonspell, Theatres Des Vampires, dan Cradle Of Filth membawa Gothic Metal ke pendekatan dengan Black Metal. Dan pada akhir dasawarsa ini, Symphonic Gothic Metal muncul sebagai variant baru yang di populerkan oleh Tristania dan Within Temptation.
Pada abad 21, Gothic Metal telah melaju ke Mainstream di Eropa, khususnya di Finlandia dimana Grup-grup band seperti The 69 Eyes, Entwine, HIM, Lullacry, Poisonblack, dan Sentenced telah menelurkan hits-hits single dari album teratas di posisi chart tangga lagu dunia. Di Amerika Serikat, hanya beberapa band saja yang mencapai sukses komersial seperti Lacuna Coil, Evanescence dan Cradle Of Filth.


List of Gothic Metal Bands

1.  Abonos










9. Asrai





10. Atargatis












12. Autumn






13.  Ava Inferi






14.  Beseech







15.  Cadaveria






16. Cemetary







17.  Chalice





18.  Charon





19.  Cradle of Filth




20.  Creation’s Tears



21.  Crematory





22.  Cryptal Darkness
       The Eternal




23.  Cult of Luna




24.  Dakrua





25.  Darkseed





26. Darkwell





27.  Deathstars








28. Delain




29.  Draconian




30. Drastique





31. Dreams of Sanity




 32. Elis





33. Entwine




34.  Epica


















39.  Flowing Tears



40. For My Pain...



41.  The Gathering



42.  Graveworm




43.  HIM



44.  How Like a Winter




45.  Imperia



46.  Katatonia



47.  The Kovenant




48.  Lacrimas Profundere






49.  Lacrimosa






50.  Lacuna Coil























54.  Lullacry







 55.  Macbeth




















58.  Midnattsol




59.  Moonspell




60. Monumentum  
















64.  Nemesea





65.  Nightwish



66.  Notre Dame
























 71.Penumbra



Comments